Rabu, 11 April 2012

Model Perilaku Konsumen E-Commerce

Karakteristik individu dari konsumen

1. Gender dan umur
2. Status Perkawinan
3. Tingkatan Perkawinan
4. Etnicity
5. Jabatan 
6. Pendapatan Rumah Tangga
7. Kepribadian
8. Karakteristik Gaya Hidup

Variabel Lingkungan dalam Membeli
* Sosial 
* Komunitas
* Variabel Lainnya

Faktor konsumen dalam membeli
* Pemrakarsa ( Initiator )
* Pengaruh ( Influencer )
* Kebutuhan

Pelayanan Pelanggan
* Segmentasi Pasar
* Pelayanan Pengiriman untuk Pelanggan Internet

Segmentasi Pasar

Segmentasi Geografi : merupakan pembagian pasar  menjadi unit geografis yang berbeda, misalnya wilayah, negara, negara bagian, propinsi, kota, dan kepulauan. 
Contoh : coca-cola memasarkan produk minumannya dengan merek tertentu hanya dijual di Jepang, yaitu Sokembicha, Lactia, Georgia dan Qoo

* Iklan merupakan bagian dari strategi pemasaran iklan merupakan bagian dari strategi pemasaran secara keseluruhan.
* Iklan harus berhubungan dengan proses orderin ketika pelanggan tertarik setelah melihat iklan tersebut. 
* Strategi menarik perhatian pengunjung ke suatu situs
* Tidak hanya menghandalkan web saja.
* Dalam menarik pelanggan tidak hanyaa mengandalkan E-Commerce saja, tetapi juga harus ditambah dengan media tradisional. 
* Padukan nama perusahaan dengan memadukan nama perusahaan dengan situs web akan memudahkan pengunjung untuk mendatangi situs anda.
 * Pastikan alamat situs web anda selalu muncul di embar cetakan alamat E-Commerce anda harus tercantum di kop surat , amplop brosur, kartu nama, papan nama,stiker dan lainnya.


*Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau segmentasi pasar bisa diartikan segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisia perbedaan antara pembeli di pasar.

      Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi Pasar
Dalam penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:
1. Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
         a. Variabel geografi, diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
.        b. Variabel demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll
         c. Variabel psikologis, diantaranya :kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
.        d. Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.
2. Dasar – dasar segmentasi pada pasar industri
.        a.Tahap 1: menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
.        b.Tahap 2: yaitu sikap terhadap penjual, ciri – ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.

     Syarat segmentasi Pasar
Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif yaitu :
.        a. Dapat diukur
.        b. Dapat dicapai
.        c. Cukup besar atau cukup menguntungkan
         d  Dapat dibedakan
         e. Dapat dilaksanakan

     Tingkat Segmentasi Pasar

Karena pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.
     a.   Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
     b.  Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
     c.  Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih sempit.
.    d. Pemasaran mikro
Praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

     Manfaat Segmentasi Pasar

Sedangkan manfaat dari segmentasi pasar adalah:
     a. Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran.
     b. Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
     c. Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya

     Menentukan Pasar Sasaran

Langkah-langkah dalam menetukan pasar sasaran yaitu:
     1.  Langkah pertama
Menghitung dan menilai potensi keuntungan dari berbagai segmen yang ada
     2.  Langkah kedua
Mencatat hasil penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk tahun yang akan datang.
post

Sumber : devidwiresty.blogspot.com


Pelayanan pengiriman untuk pelanggan pada internet 
mengacu pada pembelian online di Amazon.com, dimensi kualitas pelayanan dicontohkan sebagai berikut :

1. Tangibles
    Tampilannya rapi dan tersusun baik, ada catalog, mudah digunakan dan mudah dipahami.
2. Realibility
    Produk dikirim tepat waktu dan sesuai dengan pesanan 
3. Responsiveness
    Tersedia panduan yang membantu saat terjadi error dan memberitahukan pelanggan jika pengiriman produk berlangsung sukses atau ada masalah 
4. Assurance
    Adanya layanan untyk mendampingi pelanggan dalam memasuki suatu proses dan juga adanya layanan tambahan seperti rekomendasi dari vendor.
5. Empathy
    Adanya personalized service, seperti personalized content, sambutan secara personal, dan email pribadi.

Jenis-jenis media iklan di internet

* Banner
   ada 2 jenis banner : Keyword banner dan Random banner
   - Keyword banner muncul ketika dilakukan query atas satu kata pembuka dari search engine.
   - Random banner muncul secara acak .
   Keuntungan menggunakan banner ini ialah kemampuannya dalam melakukan kustomisasi iklan ke audien yang menjadi sasarannya.

Ada sejumlah format yang berbeda dalam menempatkan iklan Banner di internet pada situs web pihak lain. Bentuk yang paling lazim adalah Banner Swapping, Banneer Exchange.
- Banner Swapping
  Dilakukan bila perusahaan A setuju untuk menampilkan sebuah banner perusahaan B dengan imblan perusahaan juga mau menampilkan iklan perusahaan A.
- Banner Exchange (Tukar Banner)
  Biasanya dilakukan dalam perdagangan yang dilakukan oleh tiga partner yang dilakukan oleh tiga partner atau lebih.
- Iklan Skyscraper
  Berbentuk seperti banner, jika banner memanjang secara horisontal, maka skyscraper memanjang secara vertikal.
* Interstitial
   Merupakan iklan yang dinamis pada internet, Interstitial berbenruk bermacam-macam iklan animasi yang muncul dilayar ketika komputer men-download situs web.


Pengenalan E-Tailing 
 
E-Tailing merupakan kependekan dari electronic retailing, yaitu pemanfaatan e-commerce untuk keperluan membuat toko eceran.
Retailing adalah suatu perantara penjualan, seorang penjual yang beroperasi antar pelanggan dan pabrikan
Electronic Tailing (E-Tailing) adalah Retailing yang diselenggarakan secara on-line dengan internet.

Karakteristik Keberhasilan E-Tailing

Bisnis e-tailing memerlukan pemahaman terhadap tiga konsep dasara yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya  pengembangannya, yaitu :
1. Content dari website
    yaitu tampilan dan juga kemudahan yang didapatkan dari sebuah situs.
2. Komunitas dalam internet
    Dimana setiap pelaku bisnis e-tailing harus mampu membangun komunitas khusus dalam situsnya
    Komunitas yang dibangun antara lain didasarkan pada :
    * Kesamaan hobi
    * Kesamaan minat
    * Kesamaan pengalaman
    * Kesamaan keperdulian
    * Kesamaan regional wilayah tempat tinggal, dll
3.  Komersialisasi
     Yaitu menyangkut segala sesuatu yang ditawarkan untuk menarik konsumen agar bersedia melakukan transaksi pembelian.

Model Bisnis E-Tailing
terdapat 4 konsep dasar model bisnis e-tailing yang dikemukakan oleh Calkins

1. Chanel Support
2. Category Killer
3. Auctioner
4. Vartical Portal

- Chanel Support
adalah usaha-usaha untuk meningkatkan penjualan tambahan dengan cara memanfaatkan beberapa pengecer yang menggunakan internet untuk mendukung distrbusi yang .
Contoh : mirip toko kelontong
- Category Killer
adalah pengecer yang menawarkan kelengkapan untuk kategori yang bersangkutan meskipun sebenarnya spesialisasinya adalah pengecer untuk satu  Us (macam produk saja.
Contoh : Home Depot (home imrovement), Toys R (mainan anak-anak), dan lain-lain.
- Auctioner
dikenal sebagai perusahaan yang melakukan transaksi lelang online.
Pedagang melakukan content (produk yang ditawarkan, informasi rinci, dan harga penawaran) .
- Vertical Portal
bisnis ini melibatkan beberapa merchant yang memiliki modal yang sangat kuat, merk yang terkenal, skala bisnis yang besar, dan kredibilitas yang meyakinkan.
Contoh : pelaku bisnis ini dapat ditemukan di www.pikenet.com.

Permasalahan E-Tailing

1. Profitability
   - mengalami kerugian pada tiap-tiap penjualan yang dilakukan, ketika mencoba untuk tumbuh dalam ukuran dan skala mencari keuntungan.
   - Dasar Pendapatan dan biaya tidak jelas
   - Sukses Jangka Panjang memerlukan kelangsungan hidup keuangan.
2. Manage New Risk Exposure
   - Perusahaan lokal bertentangan dengan pelanggan lokal dan peraturan lokal
   - Perusahaan nasional mempunyai unsur lebih
   - Perusahaan global berhadapan dengan banyak perpektif budaya.
3. Branding
   Sebagai pengarah sebagai pendorong kearah belanja yang berlebihan.

Karakteristik Keberhasilan E-Tailing
- Tinggi pengenalan merek
- Sebuah jaminan yang diberikan oleh vendor yang sangat handal atau terkenal
- Didigitalkan format
- item Relatif murah
- Sering membeli item
- Komoditas dengan spesifikasi standar
- terkenal dikemas item yang tidak bisa dibuka bahkan di sebuah toko tradisional

Model Bisnis E-Tailing
Klasifikasi oleh Channel Distribusi

- Mail-order pengecer yang pergi zDirect pemasaran online dari produsen zPure-play e-tailers
- Click-dan-mortir pengecer
- Internet (online) mal

Model Bisnis E-Tailing
- pemasaran langsung
Secara umum, pemasaran yang terjadi tanpa perantara antara produsen dan pembeli, dalam konteks buku ini, pemasaran dilakukan secara online antara penjual dan pembeli apapun
virtual (murni-play) e-tailers
Perusahaan yang menjual langsung kepada konsumen dengan
Internet tanpa mempertahankan saluran penjualan fisik
transaksional Web situs yang melakukan kegiatan usaha
bata-dan-mortir pengecer
Pengecer yang melakukan bisnis di Internet-non, dunia fisik di toko-toko batu bata-dan-mortir tradisional
klik-and-mortar pengecer
multichannel model bisnis
Sebuah model bisnis dimana perusahaan menjual di jalur pemasaran secara bersamaan (misalnya, baik toko fisik dan online)
- Ritel di Mal Online
- Merujuk direktori
- Mall dengan layanan bersama
- B2C Model lain dan Perdagangan Ritel Khusus
- Perwakilan khusus layanan B2C
- Layanan Pos
- Jasa dan produk untuk orang dewasa
- Pernikahan saluran
- Gift pendaftar

Dampak  EC pada Industri Perjalanan
- Internet mungkin memberikan kontribusi pada penurunan tajam dalam jumlah agen perjalanan
- Hal ini juga didorong munculnya penjual online-perantara pihak ketiga dan portal memberikan perbandingan harga dan berbagai layanan nilai tambah lainnya untuk konsumen
- PASAR INTERNET JOB
- Pencari kerja
- Pengusaha mencari karyawan
- Ayub lembaga
- Instansi pemerintah dan lembaga
- Sebuah konsorsium pengusaha besar dan karir kuliah penasehat
- online portal Global

Keterbatasan Pasar Kerja Elektronik
- kesenjangan antara mereka dengan keterampilan dan akses ke Internet dan mereka yang tidak
Perusahaan z menemukan bahwa mereka dibanjiri pelamar ketika mereka beriklan online, penyaringan merupakan proses memakan waktu dan mahal
- Keamanan dan privasi
- omset biaya tinggi bagi pengusaha dengan mempercepat gerakan karyawan untuk pekerjaan yang lebih baik
Intelligent Agen di Pasar Ayub Elektronik
- Intelligent agen untuk pencari kerja
- Intelligent agen untuk majikan

Real Estate
- E-commerce dan internet secara perlahan tapi pasti mempunyai dampak yang semakin meningkat pada industri real estate
Real Estate Aplikasi
- Nasihat bagi konsumen untuk membeli atau menjual
- Komersial real estate listing
- Link ke rumah listing di semua kota besar
- Maps
- Informasi pada tingkat hipotek saat ini
Real Estate Mortgages
Banyak situs z menawarkan pinjaman kalkulator
- Mortgage broker bisa lewat aplikasi kredit melalui Internet dan menerima tawaran dari kreditur yang ingin mengeluarkan hipotek
Nama harga Anda sendiri “model
- Agregasi paket pinjaman pencari ditempatkan untuk tawaran di Internet
Asuransi Online
polis asuransi z standar, seperti mobil, rumah, kehidupan, atau kesehatan yang ditawarkan dengan diskon besar
- pihak ketiga agregator menawarkan perbandingan bebas dari kebijakan yang tersedia
- Beberapa asuransi besar dan perusahaan manajemen risiko menawarkan kontrak asuransi yang komprehensif online
Online Trading Saham
- Investasi informasi
- pasar keuangan Terkait
- Risiko memiliki rekening efek online
elektronik (online) banking (e-banking)
Berbagai aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah atau jalan menggunakan koneksi Internet, juga dikenal sebagai cyberbanking, perbankan virtual, online banking, dan perbankan rumah

Internasional dan Perbankan Multiple-Currency
- Beberapa pembelian retail internasional dapat dilakukan dengan memberikan nomor kartu kredit, transaksi lain mungkin memerlukan dukungan perbankan internasional
Isu Online Transaksi Keuangan Pelaksanaan
- Mengamankan transaksi keuangan
- Akses ke intranet bank ‘oleh pihak luar
- Imaging sistem
- Harga online versus layanan offline
- Risiko
Keuangan Pribadi Online
- Online Penagihan dan Bill Pembayaran transfer zAutomatic pembayaran hipotek zAutomatic transfer dana untuk membayar listrik bulanan
uang kertas
- Membayar tagihan dari rekening perbankan online.
Merchant z-ke-tagihan pelanggan langsung
- Menggunakan perantara untuk konsolidasi tagihan
- pembayaran langsung orang-ke-orang
- Bayar tagihan di kios bank
- Pajak
On-Demand Delivery Systems dan-E Grosir
e-toko kelontong
Sebuah toko kelontong yang mengambil online pesanan dan menyediakan pengiriman pada jadwal rutin harian atau lainnya atau dalam waktu yang sangat singkat
pada layanan pengiriman-demand
pengiriman Express dibuat cukup cepat setelah perintah diterima online
Online Pengiriman Produk Digital, Hiburan, dan Media
Online Entertainment
Contoh z hiburan online
- Web browsing
- internet game
- Fantasy olahraga permainan
- tunggal dan multiplayer game
- Dewasa hiburan
- Permainan Kartu
- situs jejaring sosial Partisipatif situs Web z Membaca
Live acara
Hiburan-jasa terkait
- Event pengambilan tiket zRestaurants zInformation
- Retrieval hiburan audio dan video
Perkembangan Pengiriman
Produk Digital
kustomisasi CD situs
- disintermediasi media cetak tradisional
- pengiriman digital dapat mengganti atau meningkatkan metode penyampaian tradisional untuk berbagai
jenis konten digital
Aids Online Beli-Keputusan
- belanja portal
Gateway e-depan toko-toko dan e-mal;
mungkin komprehensif atau niche berorientasi
- belanja robot (belanja agen atau shopbots)
Alat yang pramuka Web atas nama konsumen yang menetapkan kriteria pencarian z “Spy” layanan
- Wireless Belanja perbandingan
Rating Bisnis z Situs Situs Trust z z Tools Verifikasi Belanja Lainnya
Amazon.com ‘s A9 Search Engine
Answers.com

Masalah dengan E-Tailing dan Pelajaran yang Diperoleh

Alasan bahwa pengecer memberikan untuk tidak akan online meliputi:
- produk mereka tidak sesuai untuk penjualan Web
- Kurangnya kesempatan yang signifikan
- Biaya tinggi
- Teknologi ketidakdewasaan
Penjualan online konflik dengan bisnis inti
Sukses Klik-dan-mortir Strategi
- Bicara dengan satu suara
- leverage multichannels
- Memberdayakan pelanggan
Isu dalam E-Tailing
- disintermediasi
Penghilangan lapisan organisasi atau proses bisnis yang bertanggung jawab untuk langkah-langkah perantara tertentu dalam rantai pasokan yang diberikan
- reintermediation
Proses dimana perantara (baik yang baru atau mereka yang telah disintermediated) mengambil perantara baru
peran
- cybermediation (intermediasi elektronik)
Penggunaan perangkat lunak (cerdas) agen untuk memfasilitasi intermediasi
- hypermediation
Ekstensif penggunaan kedua intermediasi manusia dan elektronik untuk memberikan bantuan dalam semua tahap dari sebuah usaha e-commerce
- unbundling
- cybermediation (intermediasi elektronik)
Penggunaan perangkat lunak (cerdas) agen untuk memfasilitasi intermediasi
- hypermediation
Ekstensif penggunaan kedua intermediasi manusia dan elektronik untuk memberikan bantuan dalam semua tahap dari sebuah usaha e-commerce
- unbundling
- saluran konflik
Situasi di mana sebuah gangguan saluran online pemasaran saluran tradisional akibat kerusakan nyata atau dirasakan dari
kompetisi
Sumber :  fariedartha
blog.uc.ac.id/faried/


1 komentar:

  1. swt, terjemahan google translate. bahasanya kaku dan susah di mengerti =="

    BalasHapus