Rabu, 11 April 2012

Mekanisme Pasar E-Commerce

Berbagai situs toko online telah menerapkan beragam strategi bisnis untuk menarik pengunjung serta melayani konsumennya. Untuk mengetahui kekurangan maupun kelebihan sebuah situs toko online dapat dilakukan  kajian komparasi dengan situs yang serupa, terutama pada aspek model bisnis serta fitur layanan  yang disediakan. Pelajari selengkapnya Eksplorasi Toko Online - unduh file.
Posted by STIE "YPPI" e-Commerce 

Eksistensi suatu usaha ecommerce pada hakekatnya ditentukan oleh besaran pendapatan (revenue) yang diperoleh dari menjalankan bisnis online. Beberapa model bisnis ecommerce dapat dilakukan oleh pelaku usaha untuk menghasilkan revenue. Model-model bisnis ecommerce pada intinya berorietasi pada konsumen (e-retailing) atau berorientasi pada bisnis (B2B). Pelajari selengkapnya Model-Model Bisnis E-commerce - unduh file


Fungsi utama pemasaran adalah mempertemukan pembeli dan penjual untuk mempermudah pertukaran barang dan jasa. Kemajuan teknologi informasi mendorong terbentuknya e-market yang semakin menghilangkan batas fisik antara pembeli dan penjual untuk mengakses pasar. Keberhasilan e-market sangat bergantung pada karakteristik produk, industri, penjual dan pembeli serta didukung oleh infrastruktur pasar yang menyediakan e-payment dan menjamin keamanan transaksi. Pelajari selengkapnya Mekanisme Pasar E-commerce-unduh file


Internet merupakan sarana utama dalam proses transaksi e-commerce. Pesatnya perkembangan teknologi internet saat ini semakin memungkinkan para pelaku usaha untuk menjual produk/jasa dalam pasar global serta  berkomunikasi secara cepat dengan konsumennya. Demikian pula teknologi web yang semakin  memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk membangun aplikasi e-commerce sesuai kepentingan bisnisnya.
Pelajari selengkapnya Teknologi Pendukung E-commerce - unduh file

Masyarakat dunia telah memasuki era digital dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi. Internet telah menjadi saluran distribusi global utama untuk produk, jasa, lapangan pekerjaan di bidang manajerial dan profesional. Dampaknya mengubah perekonomian, stuktur pasar dan industri, produk dan jasa serta aliran distribusinya, segmentasi pasar, nilai bagi konsumen, perilaku konsumen, lapangan pekerjaan dan pasar tenaga kerja.
Pelajari selengkapnya Konsep Dasar E-comerce - unduh file

Sumber : Moduleyppi.blogspot.com



*E-Marketplace*

 Electronic Marketplaces

Sebuah e-pasar adalah lokasi di Internet di mana perusahaan dapat memperoleh atau menyebarkan informasi, melakukan transaksi, atau bekerja sama dalam beberapa cara.  Sebagian besar e-marketplaces menyediakan dua fungsi dasar:  mereka memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan pemasok baru atau pembeli untuk produk perusahaan,  mengembangkan jaringan perdagangan yang efisien yang membuat negosiasi, penyelesaian, dan pengiriman yang lebih efisien.
E-marketplaces dapat disusun dengan beberapa cara berbeda. Salah satu cara untuk struktur pasar adalah mirip dengan eBay, di mana market maker bukan pembeli atau penjual, tetapi pihak ketiga yang netral. . E-marketplaces ditetapkan menjadi konsorsium penjual yang memanfaatkan kekuatan gabungan mereka untuk secara efisien menjual produk mereka kepada pembeli.  Pembeli juga dapat mengatur pasar untuk mengurangi biaya mereka dan mendapatkan hal pembelian yang lebih baik. Contoh dari jenis pasar adalah Covisant, pasar yang dijalankan oleh industri otomotif. Selain itu, pembeli besar dapat mengatur jenis lain dari pasar, sebuah pasar swasta, untuk jaringan pemasok mereka.
Agar situs untuk jatuh ke dalam kategori pasar yang-e, situs harus terbuka untuk pembeli dan penjual dan beberapa kebutuhan untuk menyediakan fungsi perdagangan satu atau lebih yang terkait. Fungsi ini meliputi : lelang maju atau mundur, katalog vendor, harga tetap pemesanan, perdagangan fungsi pertukaran, papan bulliten / iklan yang diinginkan, dan RFQ, RFI, atau kemampuan RFP. Sucessful e-marketplaces dapat memberikan nilai yang signifikan bagi pengguna mereka atau anggota dan menguntungkan.
Jika anda ingin mencari di bergabung dengan e-marketplace, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan ketika anda exaiming pilihan anda. Bagian berikutnya menjelaskan pertimbangan utama ketika melihat e-marketplace :
  1. Kepemilikan pasar E-: Ini sangat penting. Sukses e-marketplaces biasanya didukung oleh modal yang baik dan ini membantu untuk memastikan kesuksesan mereka dan umur panjang.  Anda juga tidak ingin terlibat di pasar jika pesaing Anda adalah pemilik utama.
  2. Biaya: Ini juga penting.  Anda harus membandingkan biaya bergabung pasar dengan tabungan diproyeksikan dan keuntungan dari bergabung efficieny pasar.  Carilah biaya tersembunyi.  Hal yang mungkin bahwa e-biaya untuk pasar yang komisi untuk transaksi selesai, biaya keanggotaan, biaya daftar, jasa nilai tambah (inspeksi, escrow, pengiriman, dll).
  3. Kemudahan Penggunaan / Dukungan: Sebuah e-pasar harus mudah digunakan dan seharusnya tidak memerlukan banyak pelatihan untuk staf Anda. Periksa untuk memastikan bahwa pasar tidak memerlukan peralatan khusus dan memiliki proses transaksi strightforward.
  4. Industri Fit: Banyak e-marketplaces yang ditargetkan terhadap satu atau dua industri.  Akibatnya proses dan struktur pasar yang dirancang untuk memaksimalkan keuntungan efisiensi dan biaya transaksi untuk industri itu. Pastikan perusahaan Anda adalah cocok.
  5. Partisipasi Marketplace: Jika tidak ada pembeli dan penjual yang terdaftar di pasar, tidak mungkin bahwa Anda akan mendapatkan apa-apa dari bergabung dengan pasar. Sebuah pasar yang layak akan memiliki banyak pembeli dan penjual - ini adalah satu-satunya cara yang e-pasar bisa bekerja.
  6. Keamanan / Privasi: Pastikan bahwa informasi transaksi tidak dipublikasikan atau tersedia untuk pihak ketiga atau pesaing.  Anda tidak ingin pesaing terus mendapatkan data kunci Anda pemasok atau informasi harga. Selain itu, Anda hanya akan ingin melakukan bisnis dengan pembeli terkemuka.  Sebuah e-pasar harus memiliki sistem untuk mencegah atau mengurangi penipuan.
  7. Jasa Lain: Tergantung pada industri Anda, Anda mungkin ingin memeriksa bahwa layanan lainnya menawarkan pasar.  beberapa pasar menawarkan jasa pengiriman atau escrow.Ini mungkin memberikan nilai bagi organisasi Anda.
  8. Integrasi Proses: Sebuah pasar yang efisien harus dirancang sehingga terintegrasi dengan pembeli yang ada dan cara penjual dalam melakukan bisnis.  Ini mungkin berarti melakukan transaksi dalam format standar industri atau menawarkan cara untuk "plug ke" sistem.  Sumber :www.epiqtech.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar